550 Personel Polresta Padang Amankan Prosesi "Balimau"



Padang (ANTARA News) - Polresta Padang menyiagakan 550 personel untuk pengamanan satu hari menjelang  bulan Ramadhan 1432 Hijriah.
 
Wakapolresta Padang AKBP Wisnu Handoko di Padang, Selasa, menyatakan, pihaknya telah menetapkan 550 personel untuk pengamanan prosesi "balimau" (kegiatan mensucikan diri sehari sebelum bulan puasa, red) yang sudah menjadi tradisi di Sumbar.

"Kita telah menyiapkan 550 personel dari jajaran Polres dan Polsek yang ada di kota ini untuk pengamanan pada hari `balimau`," katanya.

Wisnu menambahkan, anggota yang disiapkan untuk mengamankan hari "balimau" tersebut akan ditempatkan di 25 titik tempat wisata di Kota Padang.

Menurut data pihak kepolisian di Kota Padang, ada 25 titik lokasi pariwisata yang sering dikunjungi masyarakat menjelang memasuki bulan Ramadhan di sembilan kecamatan.

Sembilan kecamatan yang harus diawasi saat memasuki bulan Ramadhan adalah Koto Tangah, Pauh, Kuranji, Padang Barat, Padang Selatan, Lubugbegalung, Nanggalo, Bungus, dan Lubuk Kilangan.

Operasi keamanan jelang Ramadhan tersebut akan dilaksanakan Minggu (31/7), mulai pukul 15.00 WIB.

Dalam pengamanan jelang Ramadhan tersebut pihak kepolisian juga akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Padang, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, serta juga aparat dari TNI.

"Dalam pengamanan tersebut kita juga akan bekerja sama dengan instansi terkait lainnya, agar keamanan Kota Padang dan juga pengunjung di lokasi wisata dapat nyaman dalam menyambut bulan Ramadhan," jelas Wisnu.

Ia menambahkan, dalam pengamanan tersebut aparat di lapangan juga akan mengantisipasi tindakan kriminal, seperti pencurian serta kecelakaan lalu lintas.

Menjelang memasuki bulan Ramadhan, kebiasaan masyarakat di Sumbar setiap tahunnya adalah berpergian ke objek-objek wisata, dimana mereka biasa menamakannya dengan "balimau".

Saat "balimau" tersebut dibutuhkan pengaman ekstra dari pihak kepolisian, sebab tidak jarang terjadi tindakan kriminal selain juga kecelakaan lalu lintas.

Belajar dari tahun-tahun sebelumnya, pengamanan di setiap lokasi wisata dan jalan raya di Kota Padang pada tahun ini akan semakin ditingkatkan.  (ANT276/R014/K004)