Pedrosa Tuntaskan Kemenangan yang Tertunda


Kekecewaan Dani Pedrosa saat terjatuh di sesi latihan MotoGP Jepang tahun 2010 lalu karena cedera pada bahu kanannya, membuatnya mempunyai ambisi besar untuk meraih kemenangan di sirkuit Motegi. Apalagi performa motornya memang cukup mumpuni di sirkuit ini. Tapi tahun ini, Pedrosa mengakhiri paceklik kemenangan di sirkuit tersebut.

Pembalap asal Spanyol itu bahkan menjadi salah satu pembalap yang tampil sempurna tanpa kesalahan. Padahal banyak pembalap lain membuat kesalahan yang cukup fatal. Jalannya balapan sendiri cukup kacau. Dimulai dari curi start yang dilakukan beberapa pembalap, senggolan antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di awal balapan hingga banyak yang melebar ke gravel membuat balapan sulit diprediksi.

Namun Pedrosa dan Jorge Lorenzo adalah pembalap yang tampil cukup sempurna karena tidak pernah melakukan kesalahan yang berakibat buruk bagi hasil yang bakal mereka raih. Akibatnya kedua pembalap asal Spanyol itu mampu meraih kemenangan di urutan 1 (Pedrosa) dan urutan 2 (Jorge Lorenzo).

Sementara Casey Stoner yang diprediksi bakal tampil sangat kuat di seri ini, harus puas finish di urutan ketiga karena melebar di lap 5 sebelum tikungan menuju terowongan di pertengahan balapan. Ia berhasil kembali ke lintasan namun hanya bisa meraih hasil bagus di podium ketiga, karena posisinya sudah terlampau jauh dari dua pembalap terdepan.

Marco Simoncelli yang harus menjalani penalty drive through karena mencuri start bersamaan dengan Andrea Dovizioso, mmapu mengambil alih posisi finish keempat dari rekan senegaranya itu. Simoncelli membuntuti Dovi sepanjang beberapa lap terakhir dan akhirnya bisa menyusul di lap terakhir.

Sementara Valentino Rossi yang jatuh di lap pertama, kembali harus menelan kecewa di seri ini. Padahal kesempatannya meraih hasil finish terbaiknya cukup besar. Namun padatnya perebutan posisi terbaik di tikungan kedua membuatnya terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan lagi. (otosport.co.id)

Hasil MotoGP Jepang :
1. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda 42m 47.481 detik
2. Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing 42m 54.780 detik
3. Casey Stoner AUS Repsol Honda 43m 5.861 detik
4. Marco Simoncelli ITA San Carlo Honda Gresini 43m 11.031 detik
5. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda 43m 11.172 detik
6. Ben Spies USA Yamaha Factory Racing 43m 25.085 detik
7. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro 43m 26.468 detik
8. Colin Edwards USA Monster Yamaha Tech 3 43m 32.504 detik
9. Hiroshi Aoyama JPN San Carlo Honda Gresini 43m 36.555 detik
10. Randy de Puniet FRA Pramac Racing 43m 46.503 detik
11. Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha Tech 3 44m 1.445 detik
12. Kousuke Akiyoshi JPN LCR Honda 44m 9.190 detik
13. Shinichi Ito JPN Honda Racing Team 44m 13.862 detik

Tidak finish:
Toni Elias ESP LCR Honda
Alvaro Bautista ESP Rizla Suzuki
Damian Cudlin AUS Pramac Racing
Hector Barbera ESP Mapfre Aspar
Valentino Rossi ITA Ducati Marlboro

Tidak start :
Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing
 
otosport.otomotifnet.com