Pariwisata Pariaman

Kota Pariaman memiliki panjang pantai lebih kurang 12,7 kilometer. Dengan pesona pantai yang indah, memiliki peluang untuk dikembangkan. Resort wisata sudah mulai dibenahi dengan mempersiapkan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata.



Objek wisata alam pantai dengan kekhasannya masing-masing banyak dikunjungi setiap hari antara lain Pantai Gandoriah yang berlokasi di depan stasiun kereta api di Kota Pariaman. Disini setiap hari libur tersedia hiburan bernuansa Pariaman dengan menampilkan kesenian anak nagari dan kreativitas remaja. Pantai Cermin berjarak lebih kurang 1 km ke arah selatan pantai Gandoriah juga memiliki kekhasan tersendiri. Di sini terdapat sebuah restoran dengan aneka masakan khas Pariaman. Pantainya yang rindang dengan pohon pinus membuat pemandangan laut terasa indah. Pantai Kata kini juga sudah mulai dibenahi sarana dan prasarananya. Demikian juga Pantai Sunur, dengan ciri khas keindahan dan hembusan angin laut sambil menikmati nasi sek (santai, enak, kenyang) dengan spesifik sala lauak dari berbagai jenis ikan, udang dan gulai kepala ikan laut yang segar.




Disamping wisata pantai, ada pesta budaya tahunan Tabuik, yang diselenggarakan setiap tanggal 1 sampai dengan 10 Muharram. Selama prosesi pembuatan tabuik dilaksanakan berbagai festival kesenian anak nagari seperti pencak silat, lomba gandang tasa, layang-layang tradisional, musik islami, indang, pemilihan Cik Uniang dan Ajo Kota Pariaman, dabuih dan lain-lain. Pesta Budaya Tabuik ini sudah terkenal dan sudah merupakan core event yang ramai dikunjungi wisatawan


Pulau Angso Duo yang terletak 2 mil di lepas pantai merupakan resor wisata historis-religius yang akan dikembangkan. Di pulau ini terdapat kuburan panjang (lebih kurang 4,5 meter) dan beberapa kuburan lainnya. Objek wisata Pulau Angso juga dapat dijadikan sebagai objek wisata trekking.
Objek wisata lain adalah guci besar yang terletak di Mesjid Raya Badano Sungai Rotan Kecamatan Pariaman Selatan. Guci ini menurut sejarahnya sudah berumur ratusan tahun dan terawat secara baik oleh masyarakat dan ini memiliki daya tarik tersendiri.